Rabu, 20 Desember 2017

Penyakit Kеnсіng Nаnаh dаn Cara Penyembuhannya

Penyakit Kеnсіng Nаnаh dаn Pеnуеmbuhаnnуа - Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang lazim dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria ataupun wanita dapat terjangkit penyakit ini. Bakteri gonococcus umumnya ditemukan di cairan penis dan Miss V dari orang yang terinfeksi.


Kuman penyakit ini dapat menyerang dubur, mulut rahim (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Kencing Nanah dаn Pеnуеmbuhаnnуа

Gonore paling sering kali menular lewat relasi seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan terkait seks tanpa mengaplikasikan kondom. Bayi juga bisa terinfeksi saat proses kelahiran bila ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Kuman gonore tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tak menular via dudukan toilet, kelengkapan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.
Umumnya lebih gampang untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingi wanita sebab gejala awal pada wanita mungkin amat ringan atau tak begitu terang sehingga acap kali keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Namun demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita seandainya tak seketika diobati dan dapat menyebabkan perdarahan pada vagina, sakit pada perut bagian bawah, demam, dan sakit ketika mengerjakan relasi seksual.

Gejala gonore yang acap kali timbul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya yaitu dikala buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti bernanah berwarna kuning atau hijau dari Miss V atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini diketahui dengan sebutan ‘kencing nanah’.

Diagnosis Gonore

Ada sebagian cara untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir beberapa besar kasus, dokter akan menjalankan pengujian sampel cairan dari organ intim wanita atau penis untuk kemudian diperiksa di lab.
Pada wanita, dokter atau perawat lazimnya akan menerapkan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di Miss V atau mulut rahim. Namun, dokter mungkin juga bisa meminta pasien untuk menerapkan tampon guna mengambil sampel cairan tersebut. Prosedur ini tidak memunculkan rasa sakit, namun pasien mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman. Baca juga: Kencing Nanah dаn Cara Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air kemih pasien untuk kemudian diperiksa walhasil di lab. Pemeriksaan urine ini kurang jitu akibatnya pada pasien wanita. Kecuali itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan menggunakan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter lazimnya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi rekomendasi agar Anda kembali lagi satu atau dua minggu setelah pengobatan permulaan untuk pemeriksaan ulang dan menentukan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya.
Gejala imbas bakteri gonore akan membaik setelah beberapa hari jika dilaksanakan pengobatan yang tepat sasaran dan sesegera mungkin. Namun jikalau diperkenankan, dapat menjadi keadaan sulit yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tak terkait seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang sudah terbukti negatif.

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak mengerjakan relasi seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Metode terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual yaitu dengan tak berganti-ganti pasangan, tak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom sekiranya melakukan relasi seks.

Demikian adalah bacaan tentang Penyakit Kеnсіng Nаnаh dаn Cara Penyembuhannya yang dapat kami tuliskan utk kita semua. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan utk Anda semua.